Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Malunda Kabupaten Majene

Ahmad Talib(1*), Usman Mulbar(2), Widyarti Hakman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed51916

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malunda Kabupaten Majene. Terdapat 6 subjek yang dipilih berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam memperoleh data yaitu tes kemampuan literasi matematika dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 level kemampuan literasi matematika dalam PISA, siswa berkemampuan matematika tinggi memenuhi 3 level, siswa berkemampuan matematika sedang memenuhi  1 level, dan siswa berkemampuan matematika rendah tidak memenuhi ke 6 level kemampuan literasi matematika dalam PISA.

Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Change and Relationship, PISA

This research is qualitative research with a descriptive approach aimed at describing the mathematical literacy skills of class VIII students of SMP Negeri 1 Malunda, Majene Regency. There are 6 subjects selected based on high, medium and low mathematical abilities. Data collection techniques used were tests and interviews. The instruments used in obtaining the data were tests of mathematical literacy skills and interviews. The data analysis techniques used are data condensation, data presentation and conclusion. The results showed that of the 6 levels of mathematical literacy ability in PISA, students with high mathematical abilities fulfilled 3 levels, students with moderate mathematical abilities fulfilled 1 level, and students with low mathematical abilities did not fulfill the 6 levels of mathematical literacy ability in PISA.

Keywords: Mathematical Literacy Ability, Change and Relationship, PISA


Full Text:

PDF

References


Fakhriyana, D., Mardiyana, & Aryuna, D. R. (2018). Analisis kemampuan literasi matematika dalam memecahkan masalah model PISA pada konten perubahan dan hubungan ditinjau dari kecerdasan logis matematis siswa kelas IX SMP muhammadiyah program khusus surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 2(6), 421-434.

Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMA kelas x dalam menyelesaikan soal tipe PISA konten change and relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802-2815

Kamaliyah, Z. & Darmawijoyo. (2013). Developing the sixth level of PISA-like mathematics problems for secondary school students. IndoMS K. M. E., 4(1), 9-28.

Lutfianto, M., Zulkardi, & Hartono, Y. (2013). Unfinished student answer in PISA mathematics contextual problem. IndoMS-JME, 4(2), 188-193.

Masfufah, R.. & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing, (Online), (https://www.oecd.org/education/pisa-2015-assessment-and-analytical-framework-9789264281820-en.htm, diakses pada tanggal 4 April 2022).

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy: arer we able to put the mathematics we learn into everday use?. Journal of Mathematics Education, 4(1), 89-100.

Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis kemampuan literasi matematik dan mathematical habits of mind siswa smp pada materi bangun ruang sisi datar. Numeracy, 5(1), 67-76.

Puspitasari, A., Seiawani, S., & L. N. D. S. (2015). Analisis kemampuan literasi matematika siswa kelas x mipa 5 sma negeri 1 ambulu berdasarkan kemampuan matematika. Artikel Ilmiah Mahasiswa Universitas Jember. Jember.

Rifai & Wutsqa, D. U. (2017). Kemampuan literasi matematikasiswa SMP negeri se-kabupaten bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 152-162.

Riyatuljannah, T. & Fatonah, S. (2021). Analisis kemampuan literasi mate quantymatika siswa pada penyelesaian soal berorientasi konten quantity. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59-68.

Teresa, H., Zubaidah, & Nursangaji, A. (2020). Kemampuan menyelesaikan soal PISA pada konten change and relationship. Jurnal AlphaEuclidEdu, 1(2), 60-68


Article Metrics

Abstract view : 72 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ahmad Talib, Ahmad Talib, Usman Mulbar, Usman Mulbar, Widyarti Hakman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: