Pengembangan Media E-Comic Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMA

Rosidah Rosidah(1), Yudhi Alfian(2*), Nurwati Djam'an(3), Hisyam Ihsan(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed51409

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) Mengembangkan media e-comic berbasis contextual teaching and learning pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. (2) Mengetahui kualitas media e-comic berbasis contextual teaching and learning pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang dikembangkan ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian ini adalah: (1) Media e-comic yang valid berdasarkan hasil lembar validasi ahli media dan ahli materi. (2) Media e-comic yang praktis berdasarkan hasil lembar observasi keterlaksanaan media dalam pembelajaran diperoleh rata-rata persentase yakni 96,42%, serta pemberian angket respon guru dan siswa terhadap media e-comic diperoleh persentase 97,91% dan 90,51%. (3) Media e-comic yang efektif berdasarkan tes hasil belajar siswa diperoleh hasil efektif (≥ 85%) dengan ketuntasan kelas sebesar 87,87%. Media e-comic berbasis contextual teaching and learning yang dikembangkan dengan model ADDIE bersifat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel.
Kata kunci: E-comic, Contextual Teaching and Learning, Valid, Praktis, Efektif.

This development research aims: (1) Develop e-comic media based on contextual teaching and learning on the material of a three-variable linear equation system. (2) Knowing the quality of e-comic media based on contextual teaching and learning on the material of a three-variable linear equation system developed in terms of aspects of validity, practicality, and effectiveness. The type of this research is R&D with the ADDIE development model, which includes five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of this research are (1) Valid e-comic media based on the results of the media expert and the material expert. (2) Practical e-comic media based on the results of the observation sheet on the implementation of the media in learning obtained an average percentage of 96.42%, and the percentage of teacher and student response questionnaires to e-comic media obtained a percentage of 97.91% and 90.51%. (3) Effective e-comic media based on the student learning outcomes test obtained effective results (≥ 85%) with class completeness of 87.87%. E-comic media based on contextual teaching and learning developed with the ADDIE model are valid, practical, and effective for use in learning mathematics on the material of a three-variable linear equation system.
Keywords: E-comic, Contextual Teaching and Learning, Valid, Practical, Effective.


Full Text:

PDF

References


Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model media pembelajaran e-komik untuk SMA. Kwangsan, 6(1), 01–106.

http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43–59.

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Akker, J. van den. (1999). Principles and methods of development research. Dalam Plomp, T;Nieveen, N., Gustafson, K, Branch, R. M., & van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training, London: Kluwer Academic Publisher.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196–202.

Depdiknas. (2008). Penulisan modul. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djamarah, S. B., dkk. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gumelar, M. S. (2011). Cara membuat komik. Jakarta Barat: PT INDEKS.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Manalu, M. A. G. (2016). Pengembangan media komik matematika berbasis nilai karakter pada materi trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Skripsi. Universitas Sriwijaya.

Meijayanti, D. (2015). “Pengembangan e-comic pembelajaran berbasis contextual teaching and learning dalam pembelajaran matematika materi aritmetika sosial kelas VII SMP”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Plomp, T; Nieveen, N.,Gustafson, K, Branch, R. M., & van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training, London: Kluwer Academic Publisher.

Nugraheni, N. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 112–117. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE.

Rahayu, A. D., Buchori, A., & Prasetyowati, D. (2019). Pengembangan media e-comic dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan

kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. SENATIK, 234-245.

Sesjen. (2020). Surat edaran nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (COVID-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian dan pengembangan (research and development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, M.R. & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran. Jawa Timur: Pustaka Abadi.

Uno, H. B. (2011). Teori motivasi dan pengukurannya analisis dibidang pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan praktik penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R & D. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika

berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS, (Hal. 2–8). Surabaya.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rosidah Rosidah, Yudhi Alfian, Nurwati Djam'an

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: