Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa di Kelas VIII Smp Negeri 7 Bulukumba

Hamzah Upu(1*), Asdar Asdar(2), Ivan Adrian(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed51349

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika berdasarkan gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilakasanakan di SMP Negeri 7 Bulukumba. Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, angket motivasi belajar, tes kreativitas belajar, dan tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gaya belajar siswa terbagi menjadi gaya belajar visual dan auditorial, (2) kreativitas siswa berdasarkan gaya belajar visual dan auditorial tergolong ke dalam kategori baik, (3) motivasi belajar siswa berdasarkan gaya belajar visual dan auditorial tergolong ke dalam kategori sangat baik, (4) hasil belajar matematika berdasarkan gaya belajar visual tergolong ke
dalam kategori cukup, sedangkan berdasarkan gaya belajar auditorial tergolong ke dalam kategori baik, (5) kreativitas dan motivasi belajar memberikan pengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika berdasarkan gaya belajar visual dan auditorial, (6) kreativitas memberikan pengaruh positif
terhadap hasil belajar matematika berdasarkan gaya belajar visual dan auditorial, (7) motivasi belajar memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika berdasarkan gaya belajar visual dan auditorial.
Kata kunci: Gaya belajar, kreativitas, motivasi belajar

This research was conducted to determine the effect of creativity and learning motivation on mathematics learning outcomes based on students' learning styles. This research is an ex-post facto research. This research was conducted at SMP Negeri 7 Bulukumba. Data collection techniques used learning style questionnaires, learning motivation questionnaires, learning creativity tests, and
mathematics learning outcomes tests. The results of this research indicate that (1) students' learning styles are divided into visual and auditory learning style, (2) students' creativity based on visual and auditory learning style are in the good category, (3) students' learning motivation based on visual and auditory learning style is classified in the very good category, (4) learning outcomes of mathematics based on visual learning style are classified into the sufficient category, while based on auditory learning style are classified into good categories, (5) creativity and learning motivation have a joint effect on mathematics learning outcomes based on visual and auditory learning style, (6) creativity has a positive effect on mathematics learning outcomes based on visual and auditory learning style, (7) learning motivation has a positive effect on mathematics learning outcomes based on visual and auditory learning style.
Keywords: Learning styles, creativity, learning motivation


Full Text:

PDF

References


Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). 294-302.

Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. 2016. Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek, 8(1). 77-84.

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, 4(2). 193-200.

Hartati, L. (2015). Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3). 224-235.

Huda, S. A., & Qudsiah, R. (2019). Hubungan Antara Kreatifitas dengan Hasil Belajar Matematika. Seminar & Conference Proceedings of UMT. 109-114.

Hudojo, H. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: Penerbit IKIP Malang.

Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). 69-82.

Khamidah, L. (2017). Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas VIII dalam Penyelesaian Soal Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilia-nilai Islami), 1(1). 611-616.

Lestari, W. (2015). Efektifitas strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). 170-181.

Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1). 34-45.

Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3). 257- 265.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do.

Prihatin, M. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar, Gaya Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Seyegan. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(5). 443-452.

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). 164-177.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara gaya belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam pelajaran matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). 75-84.

Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hamzah Upu, Hamzah Upu, Asdar Asdar, Asdar Asdar, Ivan Adrian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: