Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Software Geogebra terhadap Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Materi Hiperboloida

Rosauli Novalina Samosir(1*), Ermita Ermita(2),

(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed50569

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan software Geogebra terhadap kemampuan representasi matematis mahasiswa pada materi hiperboloida. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Manado yang sedang menempuh mata kuliah geometri analitika ruang pada semester genap tahun akademik 2022/2023. Sampel pada penelitian ini ada 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan software Geoogebra, dan kelompok control yang diajar dengan pembelajaran langsung. Jumlah sampel pada tiap kelompok adalah 20 orang, sehingga total keseluruhan adalah 40 orang mahasiswa. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan tes tertulis sebanyak 5 soal. Analisis yang digunakan adalah Uji Independent Sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan software Geogebra terhadap kemampuan representasi matematis mahasiswa pada materi hiperboloida.

Kata Kunci: Representasi Matematis; Model Pembelajaran Group Investigation; Software Geogebra


Keywords


Representasi Matematis; Model Pembelajaran Group Investigation; Software Geogebra

Full Text:

PDF

References


Arends, D., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning: Becoming an accomplished teacher. Routledge.

Asnawati, S., Maâ, N., & Noto, M. S. (2018). Pemecahan masalah matematis berdasarkan kemampuan awal matematis melalui pembelajaran grup investigasi berbantuan geogebra matakuliah geometri analitik. Union, 6(2), 356795.

Azkiah, F., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 221–232.

Damayanti, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan kemampuan representasi matematis siswa antara contextual teaching and learning dan problem based learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 30–39.

Japa, N., Suarjana, I. M., & Widiana, W. (2017). Media Geogebra dalam pembelajaran matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40–47.

Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan matematika. MATHEdunesa, 8(3), 569–575.

Lisarani, V., & Qohar, A. (2021). Representasi Matematis Siswa SMP Kelas 8 dan Siswa SMA Kelas 10 Dalam Mengerjakan Soal Cerita. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 1–7.

Muslim, M., & Haris, A. (2017). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI GEOMETRI BERBANTUANGEOGEBRA DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA DANSELF-EFFICACY. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 438–446.

NCtM, P. (2000). Standards for school Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Polii, V., Mangobi, J. U. L., & Kaunang, D. F. (2022). PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOMETRI SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN GEOGEBRA, MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION, DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 7(2), 72–75.

Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17–32.

Sapitri, S., & Hartono, H. (2015). Keefektifan cooperative learning STAD dan GI ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 273–283.

Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483–492.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative learning: teori, riset, dan praktik.(terjemahan Lita). Bandung: Nusa Media.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis kemampuan representasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234.

Supardi, U. S. (2015). Peran berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).

Villegas, J. L., Castro, E., & Gutiérrez, J. (2009). Representations in problem solving: A case study with optimization problems.

Widakdo, W. A. (2017). Mathematical representation ability by using project based learning on the topic of statistics. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 012055.


Article Metrics

Abstract view : 112 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rosauli Novalina Samosir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Index by: