Penerapan Analisis Faktor Eksplanatori pada Pengambilan Keputusan Mahasiswa Membeli Produk Online di Kota Makassar

Hisyam Ihsan(1*), Maya Sari Wahyuni(2), Aleytha Ilahnugrah Kurnadipare(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jmathcos.v6i2.48687

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan menggunakan analisis faktor eksplanatori pada pengambilan keputusan mahasiswa membeli produk online di Kota Makassar. Metode pengambilan data yang dilakukan adalah survey melalui kuesioner. Terdapat 8 variabel atau faktor eksplanatori yang menjadi fokus penelitian, masing-masing terdiri atas 4 indikator dengan jumlah responden sebanyak 240 orang. Pengujian dilakukan menggunakan  uji KMO, Bartlett’s dan MSA, serta konfirmasi nilai eigen yang lebih dari 1 dan berdasarkan faktor loading yang muncul. Terbentuk 8 faktor pengaruh pengambilan keputusan mahasiswa membeli produk online, yaitu faktor customer review, faktor proses dan gratis ongkos kirim, faktor influencer marketing, faktor harga, faktor distribusi, faktor promosi, faktor produk, dan faktor syarat berbelanja.

Kata Kunci: Analisis Faktor Eksplanatori, KMO dan Uji Bartlett, Keputusan Pembelian, Produk Online.

Abstract. This research is applied research using exploratory factor analysis in the decision making of students buying online products in Makassar City. The data collection method used was a survey through a questionnaire. There are 8 explanatory variables or factors that are the focus of the research, each consisting of 4 indicators with a total of 240 respondents. Tests were performed using KMO, Bartlett and MSA tests, as well as confirmation of eigenvalues greater than 1 and based on emerging loading factors, 8 factors influence student decision making to buy online products, namely customer review factors, process factors and free shipping costs, influencer marketing factors, price factors, distribution factors, promotion factors, product factors, and shopping terms factors.

Keywords: Exploratory Factor Analysis, KMO and Bartlett's Test, Purchasing Decisions, Online Products.



Full Text:

PDF

References


Agustina, Arum. 2020. Pengaruh Online Shop pada Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Ponorogo.Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo.

APJII. 2022. Profil Internet Indonesia 2022.https://apjii.or.id/survei/surveiprofilinternetindonesia2022-21072047. (diakses : 5 Desember 2022)

Asra, A., Utomo, A. P. , Asikin, M., dan Pusponegoro, N. H., 2017. Analisis Mutivariabel: Suatu Pengantar. Edisi 1. Bogor: IN MEDIA.

Fajriah, Wildan. 2022. 5 Kota yang Paling Banyak Belanja Online, Jakarta Posisi Berapa?. https://lifestyle.sindonews.com/read/694283/166/5-kota-yang-paling-banyak-belanja-online-jakarta-posisi-berapa-1645592567. (Diakses : 5 December 2022).

Gunawan, Imam. 2017. Pengantar Statistika Inferensial. Edisi 1. Jakarta: Rajawali Pers

.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J. dan Anderson, R.E. 2010. Multivariate Data Analysis. Edisi 7. New Jersey: Prentice Hall.

Ihsan, H., & Zaki, A. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Penyelesaian Studi Mahasiswa FMIPA UNM. Indonesian Journal of Fundamental Sciences Vol 1, No. 1: 25-33.

Iskandar. 2020. 5 Daerah di Indonesia dengan Pertumbuhan Penjual dan Pembeli Online Tertinggi 2019.” https://www.liputan6.com/tekno/read/4151848/5-daerah-di-indonesia-dengan-pertumbuhan-penjual-dan-pembeli-online-tertinggi-2019. (Diakses: 5 December 2022).

Kaharuddin. 2020. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan pada Yayasan Sahabat Bunda Kota Makassar. FORECASTING: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol 2, No. 1: 60-75.

Rahim, A., & Saputra, H. 2018. Exploratory Factor Analysis (EFA) pada Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2017 di Provinsi Sumatera Barat. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, Vol. 3 No. 3: 236-254.

Rumlawang, F. Y., dan Toamain, A. S., 2007. Analisis Faktor. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan Vol. 1, No.2: 18–24.

Sauddin, A., Kasse, I., & Z, E. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Memenuhi Kewajiban Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Jurnal Matematika Dan Statistika Serta Aplikasinya , Vol. 7, No. 1: 60 - 66.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Usman, Hardius dan Sobari, Nurdin. 2013. Aplikasi Teknik Multivariate untuk Riset Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pres.

Utamanyu, R. A., dan Darmastuti, R. 2022. Budaya Belanja Online Generasi Z dan Generasi Milenial di Jawa Tengah. Jurnal SCRIPTURA Vol. 12, No. 1: 58–71.


Article Metrics

Abstract view : 212 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Mathematics Computations and Statistics

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

         

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.